ads

Berita

NAD

Nasional

Internasional

Dunia Islam

Tuliasan%20Anda

Beurujuk.com |  Koneksi Internet lelet memang bikin kita bete. Selain bosan juga buang-buang waktu percuma hanya untuk menunggu laman (web) yang kita tuju terbuka dengan sempurna.

Mungkin untuk masyarakat kota hal tersebut (koneksi internet) sudah tidak lagi menjadi kendala di jaman sekarang ini, karna sudah tersedia banyak pilihan provider atau operator yang menawarkan layanan internet dengan kecepatan diatas rata-rata, seperti Speedy milik Telkom, Indosat dengan Ooredoo nya, serta Telkomsel, XL dan beberapa operator selular lainnya yang juga sudah ready layanan 4G nya.

Tapi bagaimana dengan mereka-mereka yang tinggal di pelosok desa yang mungkin baru bisa mencicipi sambungan internet dengan kecepatan dibawah standar, 2G atau bahkan GPRS?

Meski demikian, adakalanya juga hal tersebut akan menjadi masalah bagi masyarakat perkotaan bila berlangganan paket data internet berbasis kuota (Kuota Based). Terkadang ada paket internet yang dikeluarkan oleh provider tertentu, bila kuota dasarnya sudah habis maka kecepatan akses akan diturunkan secara drastis. Ketika itulah koneksi internet di kota akan terasa seperti di desa.

Inilah yang akan GOOLERAMPOE.com bahas kali ini.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan  untuk mempercepat koneksi internet yang lambat, misalnya dengan dengan memblokir iklan dengan menggunakan add-on yang disediakan oleh developer dan bisa diinstall di browser tertentu, meski itupun tidak akan banyak membantu bila yang ingin diakses adalah web yang memang pada dasarnya berat (slow loading).

Mengaksesnya dengan mobile browser (pakai smartphone) mungkin bisa menjadi pilihan, tapi terkadang itupun tidak akan bekerja maksimal bila website yang dituju tidak mobile-friendly, atau bila yang kita punya mungkin cuma PC atau Laptop sebagai alat untuk mengakses internet.

Lalu bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan memakai GoogleWebLight. Iya. Lalu apa itu GoogleWebLight?

GoogleWebLight adalah sebuah inisiatif dimulai oleh Google untuk meningkatkan pengalaman browsing jutaan pengguna di seluruh penjuru dunia, yang kecepatan internet-nya masih tergolong lambat. Terutama, bagi negara-negara seperti Indonesia, India, Afrika & Brasil (yaitu untuk negara-negara berkembang) di mana sebagian besar pengguna internet 2G atau koneksi internet sangat lambat. Hal ini juga sering disebut sebagai Efisiensi versi lite pada pencarian mobile oleh Google karena halaman web akan memuat 4X lebih cepat dan dapat menghemat hingga 80% penngunaan data (bandwidth).

Untuk pengguna smartphone (Ponsel Pintar) dengan Sistem Operasi Android yang pernah mengakses internet di area dengan koneksi internet super lambat atau saat kuota internetnya hampir habis mungkin sudah familiar dengan salah satu produk Google ini. Biasanya ketika kita mengetikkan keyword (kata kunci) tertentu di kolom pencarian google maka secara otomatis google akan me-render hasil pencariannya ke GoogleWebLight, hal itu karena sistem google membaca secara otomatis bahwa koneksi internet yang kita gunakan sedang lambat.

Lalu bagaimana dengan pengguna internet dengan perangkat non-android atau yang mengakses internet melalui PC/Laptop, apakah bisa ikut menikmati layanan GoogleWebLight? Jawabannya: BISA. Tapi ada trik khusus untuk mengakalinya, karna dia tidak bisa bekerja secara otomatis.

Untuk menggunakan GoogleWebLight pada Desktop PC atau Perangkat Non-Android, browser Anda harus mendukung User Agent. Umumnya, Semua browser Desktop mendukung User Agent baik melalui ekstensi atau Add-on.

Meski browser Anda tidak mendukung User Agent switching, anda masih dapat mengakses halaman transcode dengan menggunakan URL Metode seperti yang ditentukan di bawah ini (ditambah Google juga render halaman dengan menggunakan layanan ini untuk beberapa perangkat mobile non-android). Tapi GoogleWebLight tidak bisa bekerja secara otomatis dalam kasus  User Agent switching tidak didukung oleh browser.

Mungkin dalam waktu dekat Google juga akan merilis layanan ini untuk perangkat non-android untuk melayani orang-orang yang menggunakan internet lambat.

Untuk pengguna PC/Laptop atau Smartphone non-Android, jika anda menginginkan GoogleWebLight bekerja secara otomatis seperti di perangkat SmartPhone Android ketika koneksi internet anda lambat, ikuti tips berikut ini:

1. Untuk anda pengguna PC/Laptop
  • Jika Anda menggunakan browser Mozilla Firefox, unduh User Agent Switcher Ekstensi dari sinidan useragentswitcher.xml dari sini. Sekarang Install UA Switcher Penyuluhan dan Buka Menu Tools > User Agent Switcher > Options dan Impor useragentswitcher.xml.
  • Setelah itu, Buka kembali Menu ToolsDefault User Agent. Pilih Chrome Mobileatau Perangkat Android Mobile Browser dari daftar. Lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.

Sekarang silahkan tes kunjungi halaman web tertentu, misalnya  http://www.goolerampoe.com dan rasakan perubahan kecepatan aksesnya.
  • Jika Anda menggunakan browser lain seperti Safari, Opera, Internet Explorer, dll. silahkan cari di Google untuk menemukan User Agent Switcher Ekstensi atau Add-on yang didukung oleh masing-masing browser tersebut.
2. Jika Anda menggunakan browser pada perangkat Smartphone Non-Android, ikuti langkah-langkah berikut.
  • Jika Anda Pengguna Windows Phone, maka UC Browser dapat digunakan untuk tujuan ini, karena mendukung perangkat android sebagai User Agent (Hanya Ubah User Agent di Settings).
  • Jika Anda Pengguna IPhone, maka Anda dapat mengubah User Agent di Browser Safari (memang agak sedikit rumit untuk mengubah User Agent di Browser Safari, saya akan sarankan Anda untuk menggunakan browser lain yang tersedia pada iPhone yang mendukung User Agent).
  • Jika Anda menggunakan perangkat non-android lainnya, dan tidak yakin apakah sudah mendukungan perangkat user agent switching, maka silahkan beralih ke Metode URL, sebagaimana yang akan saya jelaskan berikut ini.

Metode URL

Ini adalah trik yang sangat simple dan mudah untuk mempercepat koneksi internet anda menggunakan layanan GoogleWebLight tanpa harus repot-repot meng-install ekstensi atau add-on di browser anda, baik itu menggunakan PC/Laptop maupun perangkat SmartPhone Non-Android.

Metode ini akan bekerja di browser untuk situs web apapun (jika website tersebut tidak menggunakan HTTP header "Cache-Control: no-transform". (Apa itu? klik di sini untuk tahu.)

Caranya:
(ganti "URL ENTER HERE" dengan alamat web yang anda ingin kunjungi)
Rasakan perubahan kecepatan aksesnya, sangat cepat bukan?
    Demikian. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.[Goole Rampoe]

    About seulangamedia

    Seulanga Media Merupakan Portal yang di gagas oleh mahasiswa asal Seulanga Aceh, dengan Kantor pusat di Jakarta. Seulanga Media dapat dihubungi melalui email: rimungputeh97@gmail.com
    «
    Next
    Posting Lebih Baru
    »
    Previous
    Posting Lama

    Tidak ada komentar:

    Post a Comment

    BARAT


    Top